Konsep Dasar Air Tanah




Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan air, manusia harus selalu memperhatikan, menjaga kualitas dan kuantitas air terutama yang erat hubungannya dengan kesehatan. Karena kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi menyangkut pengotoran hingga terjadinya pencemaan air sangat relatif pada saat perputaran air (daur hidrologi) berlangsung walaupun siklus tersebut berlangsung secara alamiah yang mengatur tersedianya air permukaan dan air tanah.
            Pergerakan air dipermukaan bumi selama berlangsungnya daur hidrologi, yaitu dari perjalanan air dari permukaan laut ke atmosfir kemudian ke permukaan tanah dan kembali lagi ke laut yang tidak pernah habis tersebut akan tertahan sementara di sungai, waduk, dalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia atau makhluk lain.

1.2  Penyebaran Air Tanah

Air hujan sebagian akan menjadi air permukaan, sebagian akan menguap, dan sebagian lagi akan meresap ke dalam tanah menjadi air tanah. Sumber Airtanah  yang berasal dari peresapan air hujan ini disebut air meteorik. Jumlah air hujan yang meresap ke dalam tanah dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kemiringan topografi, sifat batuan, intensitas hujan dan tipe serta jumlah vegetasi yang terdapat pada daerah tersebut. Air hujan yang turun pada daerah kemiringan lereng yang terjal dan disusun oleh batuan yang kedap air (impermeable), sebagian besar airnya menjadi air permukaan (run off). Sedangkan air hujan yang turun pada daerah yang landai dengan batuan yang tidak kedap air (permeable), sebagian besar airnya akan meresap kedalam tanah menjadi airtanah .
Air yang meresap kedalam tanah sebagian akan tertahan oleh partikel-partikel tanah dan akan menguap kembali ke atmosfer, sebagian akan diserap oleh tumbuhan dan sebagian lagi akan terus meresap ke bawah sampai pada suatu zona dimana pori-pori dari tanah seluruhnya terisi oleh air. Zona tersebut disebut zona yang jenuh air atau zona saturasi (zone of saturation). Air yang terdapat dalam zona ini disebut airtanah . Batas teratas dari zona yang jenuh air ini disebut muka Airtanah  (water table). Daerah di atas muka air tanah, dimana tanah, sedimen atau batuannya tidak jenuh air disebut zone of aeration. Pada zona ini rongga antar butiran terisi oleh udara.

1.3  Sumber AirTanah

 Airtanah  berasal dari peresapan air permukaan disebut air meteorik (meteroic water). Selain berasal dari air permukaan, Airtanah  dapat juga berasal dari air yang terjebak pada waktu pembentukan batuan sedimen. Airtanah  jenis ini disebut air konat (connate water). Aktivitas magma di dalam bumi dapat membentuk airtanah, karena adanya unsur hidrogen dan oksigen yang menyusun magma. Airtanah  yang berasal dari aktivitas magma ini disebut dengan air juvenil (juvenile water). Dari ketiga sumber Airtanah  tersebut air meteorik merupakan sumber Airtanah  yang terbesar.

1.4  Muka Airtanah  (Water Table)

 Muka Airtanah  merupakan kenampakan yang sangat penting bagi airtanah terutama untuk memperkirakan produktivitas dari suatu sumur, menerangkan tentang aliran sungai dan mata air, dan menentukan fluktuasi dari air di danau dan sungai.
Meskipun muka Airtanah  tidak dapat diketahui secara langsung tetapi kedudukannya dapat dipelajari dan dipetakan pada daerah yang mempunyai banyak sumur, karena muka Airtanah  di sumur merupakan batas paling atas dari zona yang jenuh air. Muka Airtanah  biasanya merupakan pencerminan dari keadaan topografinya. Di daerah rawa muka Airtanah  akan tinggi, dan akan turun ke bawah pada daerah yang rendah (gambar 2.1). Di daerah rawa muka Airtanah  tepat berada di permukaan. Sedangkan muka Airtanah  yang berada di atas permukaan akan membentuk danau atau sungai. Kedudukan muka Airtanah  sangat bervariasi tergantung pada jumlah curah hujan dan permeabilitas dari tanah dan batuan penyusunnya.
Hubungan antara muka Airtanah  dengan sungai yang mengalir pada daerah yang basah (humid) digambarkan pada (gambar 2.2). Sungai yang airnya disuplai oleh airtanah , sehingga sungai tersebut tetap berair pada musim kemarau, disebut sungai effuent. Sebaliknya di daerah kering (arid) dimana muka Airtanah  sangat dalam, Airtanah  tidak dapat mensuplai aliran air sungai. Hanya sungai permanen di daerah ini yang berasal dari daerah bawah yang kemudian mengalir ke daerah kering. Pada kondisi yang demikian, zona saturasi yang berada di bawah lembah sungai akan disuplai oleh air sungai, sehingga muka Airtanah  di bawah lembah ini akan cembung ke atas. Sungai demikian disebut dengan sungai influen.

1.5  Proses Geologi Oleh Airtanah

                Proses erosi atau pengikisan batuan penyusun kerak bumi selain dilakukan oleh air permukaan juga dapat dilakukan oleh airtanah . Proses erosi yang terutama dilakukan oleh Airtanah  adalah pelarutan batuan. Karena proses pelarutan inilah mengakibatkan komposisi kimia Airtanah  sangat tergantung pada unsur-unsur yang terlarut didalamnya.
Batuan yang mudah larut seperti seperti batugamping mempunyai penyebaran yang luas pada permukaan bumi. Pada daerah inilah Airtanah  memegang peranan penting sebagai media erosi. Batugamping merupakan batuan yang mudah larut dalam air yang mengandung asam karbonat. Kebanyakan air di alam mengandung asam tersebut, karena air hujan melarutkan karbon dioksida yang terdapat di atmosfer dan dari pembusukan tumbuhan. Bila Airtanah  bersentuhan dengan batugamping, akan terjadi reaksi antara kalsit dengan asam karbonat yang membentuk kalsium bikarbonat, yang mudah larut dan ditransport oleh airtanah .

1.6  Klasifikasi Airtanah

 Pengklasifikasian Airtanah  dilakukan berdasarkan genesa, kandungan mineral, dan kebutuhan. Dalam pengklasifikasian Airtanah  ini secara umum digunakan tiga jenis klasifikasi (Matthess & Harvey, 1982) yaitu:

1.                 Klasifikasi berdasarkan asal mula airtanah .
Klasifikasi ini berdasarkan kepada sejarah pembentukan air. Klasifikasi yang digunakan mengacu pada klasifikasi White (1957).
2.              Klasifikasi berdasarkan kandungan unsur. Klasifikasi yang paling sederhana digunakan oleh Davis dan de Weiss (1977) berdasarkan jumlah konsentrasi unsur terlarut. Pembagiannya dapat dilihat dalam Tabel 1.1

Tabel 1. 1        Klasifikasi Airtanah  berdasarkan unsur terlarut
(Davis and de Wiest, 1977)

Jenis Air
Konsentrasi Kandungan Unsur Terlarut (mg/kg)
Air Tawar (fresh water)
0 – 1.000
Payau (Brackish Water)
1.000 – 10.000
Air Asin (Saline Water)
10.0     – 100.000
Air Garam (Brines)
           >100.000

Pengklasifikasian ini juga dilakukan untuk penentuan fasies airtanah . Definisi fasies Airtanah  adalah : identifikasi jenis Airtanah  berdasarkan perbedaan dan genesa air yang berhubungan dengan sistem dan tubuh tempat keterdapatan Airtanah  (Back, 1961,1966 ; Morgan & Winner, 1962 , Seaber, 1962 dalam Freeze & Cherry, 1979). Fasies hidrokimia Airtanah  juga dinyatakan sebagai zona dengan komposisi kation dan anion dalam kategori yang berbeda.
3.                  Klasifikasi berdasarkan potensi penggunaan.
Klasifikasi ini berdasarkan penggunaan oleh manusia untuk keperluan rumah tangga (domestik), pertanian dan industri. Di Indonesia klasifikasi yang digunakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri KLH No. Kep. 03/Men. KLH/11/1991/Feb 1991 dan Peraturan Menteri Kesehatan RI. No. 416/MenKes/PERIX/1990/3 Sep 1990. Pembagian berdasarkan baku mutu A (air dapat langsung diminum), B (air harus air harus  diolah dahulu sebelum diminum), C (air hanya dapat digunakan untuk pertanian dan industri), dan D (air hanya dipergunakan untuk keperluan industri)

1.7  Keterdapatan Air Tanah

 Keterdapatan Airtanah  sangat erat kaitannya dengan sifat atau karakteristik batuan terhadap air yang melewatinya. Berdasarkan kemampuan batuan/tanah pelapukan untuk menyimpan dan mengalirkan air terdapat empat jenis batuan, yaitu:
a Akifer (Aquifer) adalah lapisan yang dapat menyimpan dan mengalirkan air dalam jumlah yang ekonomis. Contoh : pasir, kerikil, batupasir, batugamping rekahan.
b      Akiklud (Aquiclud) adalah lapisan yang mampu menyimpan air, tetapi tidak dapat mengalirkan dalam jumlah yang berarti. Contoh : lempung, serpih, tuf halus, lanau.
c    Akifug (Aquifug) adalah lapisan batuan yang kedap air, tidak dapat menyimpan dan mengalirkan air. Contoh : batuan kristalin, metamorf kompak.
d      Akitar (Aquitard) adalah lapisan yang dapat menyimpan air dan mengalirkan dalam jumlah yang terbatas. Contoh : lempung pasiran (sandy clay).
Terdapat dua terminologi yang sering digunakan. Terminologi Airtanah  berasal dari kata “groundwater”, yaitu air di bawah permukaan tanah yang termasuk dalam zona jenuh air (saturated zone). Zona jenuh dibatasi oleh muka Airtanah  di bagian atasnya. Sedangkan air bawah tanah secara umum adalah seluruh air yang terdapat di bawah permukaan tanah, termasuk di dalamnya adalah air pori yang terdapat pada zona tidak jenuh (non saturated zone).
Berdasarkan sifat dan tempat terbentuknya Airtanah  dapat dibedakan dalam dua tipe, antara lain Airtanah  dangkal dan Airtanah  dalam.
Ø      Airtanah  bebas (unconfined  water)
Merupakan suatu akifer yang bagian atas dan bawahnya dibatasi oleh lapisan bersifat akifug atau akiklud (gambar 2.2). Airtanah  bebas merupakan air berhubungan dengan udara luar atau permukaan bumi, dapat pula berhubungan langsung dengan air permukaan dan fluktasi yang berfariasi terdapat dalam tanah (soil) atau dalam celah batuan yang terbuka. Secara vertikal Airtanah  dangkal dapat digambarkan dalam dua zona yaitu zona aerasi dan zona saturasi. Zona aerasi merupakan daerah Airtanah  yang mengandung sebagian air dan sebagian udara dapat pula disebut air vadose, dikenal dengan tiga bagian yaitu soil water zone, intemidite vadose zone, dan kapillary zone. Zona airasi  terletak diatas garis water table. Sedangkan zona saturasi adalah bagian tanah atau batuan yang terisi penuh oleh air dibawah pengaruh tekanan hidrostatik.
Ø      Airtanah  tertekan (confine water, artesian)
Akifer yang dibatasi oleh satu lapisan impermeabel di bagian bawahnya dan pada bagian atasnya tidak ada lapisan penutup/impermeabel layer (gambar 2.2). Airtanah  dalam terdapat dalam formasi  yang mengandung akuifer, tidak berhubungan langsung dengan permukaan bumi. Posisi lapisan berada di antara dua lapisan batuan impermeabel (kedap air).
Airtanah  yang terdapat dalam formasi batuan terpengaruh tekanan hidrostatik (artesian), dapat terbentuk oleh beberapa cara yaitu :
·         Peresapan air permukaan (recharge) kedalam lapisan batuan akuifer         posisi mana batuan telah mengalami lipatan.
·         Pergerakan atau migrasi air purba, yaitu air yang terperangkap selama sedimentasi akan bergerak atau berimigrasi kebatuan akuifer lainnya oleh tekanan dan deformasi batuan dalam bentuk perlipatan dan patahan.                      
·      Akifer bocor (semi confined atau Leaky aquifer )
Akifer yang dibatasi oleh lapisan semi permiabel / lapisan akitard (di  atas dan atau di bawahnya).
Perkembangan Konsep “Tanah Air” dalam sajak-sajak Muhammad Yamin
Oleh Edy Nugraha
Pada awal tahun 1920, muncul kesadaran bagi Belanda dengan melakukan politik etis (balas budi) akibat penjajahan yang selama ini dilakukannya. Salah satu kebijakan dari politik etis atau politik balas balas budi itu yaitu dengan adanya pendirian sekolah-sekolah di Indonesia. Akibatnya, muncullah kaum-kaun intelektual yang membuka mata untuk membuat suatu gerakan nasional yang berujung pada satu tujuan, yaitu kemerdekaan. Salah satunya yaitu Budi Utomo, yang kemudian bermunculan organisasi lainnya seperti Serikat Islam, Indische Partij, dan Muhammadiyah.
Organisasi-organisasi nasional itu muncul pula di daerah-daerah. Di antaranya adalah Jong Sumatera, Jong Java, Jong Celebes, dan Jong Sunda. Seiring dengan itu, muncullah taman bacaan rakyat yang bertujuan untuk membuat bacaan-bacaan untuk rakyat pada tahun 1917 dan berubah nama pada 1918 menjadi Balai Pustaka. Dalam hal ini, Balai Pustaka menyediakan majalah berbahasa daerah maupun bahasa melayu.. Salah satu penyair yang terkenal pada masa Balai Pustaka tersebut adalah Muhammad Yamin.
Muhammad Yamin lahir di Sawahlunto, 23 Agustus 1903. Dia adalah pemuda Sumatra yang gemar menulis sajak-sajak. Sajak-sajaknya bersifat nasionalisme, yaitu kecintaannya terhadap tanah air yang dimuat dalam majalah Jong Sumatera (Tasai, dkk. 2002: 98). Sajak pertamanya adalah “Tanah Air” yang dimuat di Jong Sumatera Nomor 4 Tahun III, 1920. Berikut merupakan bait pertama sajak “Tanah Air”:
Pada batasan bukit barisan
Memandang Aku, ke bawah memandang
Tampaklah hutan rimba dan ngarai
Lagipun sawah, sungai yang permai
Serta gerangan lihatlah pula
Langit yang hijau bertukar warna
Oleh pucuk daun kelapa
Itulah tanah, tanah airku
Sumatera namanya, tumpah darahku
Dari bait pertama sajak “Tanah Air” tersebut, Muhammad Yamin mendeskripsikan kekaguman dan kecintaannya akan alam tanah airnya. Namun, konsep “tanah air” dalam sajak tersebut adalah Sumatera (Waluyo, 1987: 209). Hal tersebut diperkuat dalam sajak Yamin laainnya yang mengangumi bahasa tanah kelahirannya itu, yang dimuat pada majalah Jong Sumatera, Nomor 2, Tahun IV, Februari 1921, yaitu “Bahasa, Bangsa”. Berikut merupakan tiga bait dalam sajak tersebut.
Terlahir di bangsa berbahasa sendiri
Diapit keluarga kanan kiri
Besar budiman di tanah Melayu
Berduka suka, sertakan rayu
Perasaan serikat menjadi padu
Dalam bahasanya permai merdu
Meratap menangis bersuka raya
Dalam bahagia bala dan baya
Bernafas kita panjangkan
Dalam bahasa sambungkan jiwa
Di mana Sumatra di situ bangsa
Di mana Perca di situ bahasa
Dari puisi di atas dapat dilihat bahwa Yamin sangat mengagumi bangsanya, yaitu Sumatera, yang tertera dalam “Di mana Sumatra di situ bangsa” dan mengagumi bahasa daerahnya, “Di mana Perca di situ bahasa”. Soal bahasa, rupanya Muhammad Yamin merupakan pelopor dalam menulis sajak-sajak berbahasa Melayu. Yamin menganggap bahwa perlunya mengangkat bahasa Melayu—yang kemudian berubah menjadi bahasa Indonesia pada kongres bahasa I—sebagai hasil karya bangsa (Pane, 1954: 20). Selain kedua sajak tersebut, sajak-sajak lain Yamin pada masa 1920-1922 adalah “Permintaan”, “Cita-cita”, “Cinta”, “Asyik”, “Pagi-pagi”, “Gembala”, “Awan”, “Tenang”, “Gubahan”, “Perasaan”, “Keluhan”, “Ibarat”, Kenangan”, “Gamelan”, “Gita Gembala”, “Kemegahan”, dan “Niat”. Semua sajak tersebut dikumpulkan oleh Armin Pane dalam Sajak-sajak Muda tahun 1954.
Namun seiring perkembangan pergerakan nasional organisasi-organisasi pada masa itu, tepat pada 1928 hasrat-hasrat pemuda dalam menyusun persatuan diutarakan dalam Kongres Pemuda tahun 1928, yang melahirkan sumpah pemuda yang berbunyi: ”Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”
Pada tahun 1928 pulalah Yamin menghasilkan puisi yang berjudul Indonesia Tumpah Darahku. Semangat-semangat nasionalisme masih menjadi dalam puisi tersebut. Sajak tersebut berjumlah 87 bait, tiap barisnya berisi 7 baris. Adapun bait pertama dan kedua dalam sajak tersebut adalah
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung-gemunung bagus rupanya
Dilingkari air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya.
Lihatlah kelapa melambai-lambai
Berdesir bunyinya sesayup sampai
Tumbuh di pantai bercerai-cerai
Memagar daratan aman kelihatan
Dengarlah ombak datang berlagu
Mengejar bumi ayah dan ibu
Indonesia namanya tanah airku
Jelaslah, pada bait pertama dan kedua tersebut menjelaskan bahwa Yamin sangat mengagumi dan mencintai pula tumpah darah dan tanah airnya, Namun “tanah airnya” kini meluas, bukan hanya Sumatra, melainkan menjadi kecintaannya terhadap Indonesia, yang terdapat dalam kutipan “tumpah darahku Indonesia namanya” dan “Indonesia namanya tanah airku”.
Sumber:
Pane, Armin. 1954. Sajak-sajak Muda Mr. Muhammad Yasin. Jakarta: Firma Rada
Tasai, S. Amran, dkk. 2002. Semangat Nasionalisme dalam Puisi Sebelum Kemerdekaan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Naional
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga
Yamin, Muhammad. 1928. Indonesia Tumpah Darahku. Bukit Tinggi: N.V. Nusantara


BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Prasetyo Budi

AyangBeb Blogger Template | Premium Template, Harga murah meriah, Design modern dipadukan dengan Material design ala google dengan 7 macam warna berbeda