MAKALAH BAHASA ARAB JUMLAH ISMIAH



KATA  PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, dan tak lupa salawat beriring salam kita hanturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah pada mata kuliah Bahasa Arab ini tepat waktu.
Makalah dengan judul “JUMLAH ISMIYAH DAN MUBTADA’ KHABAR” ini kami susun untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah Bahasa Arab yang diberikan oleh, Bapak Abdul mutallib S.ag M.a.
Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Abdul Mutalib selaku dosen Bahasa Arab, terima kasih kepada anggota kelompok 3 (Tiga), serta pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam makalah ini, dengan kerendahan hati, kami memohon maaf.
Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. AMIN.




                                                                                           Tembilahan,1 Desember 2012


                                                                                                                 Penulis                          







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................................
DAFTAR ISI..........................................................................................................................
BAB           I        PEMBAHASAN........................................................................................
                   I.I      Jumlah ismiyah dan Mubtada’ Khabar........................................................
                   I.A    Pengertian Jumlah Ismiyah..........................................................................
                   I.B    Pengertian Mubtada’ Khabar.......................................................................
I.         Pembagian Mubtada’............................................................................
II.      Pembgian Khabar..................................................................................

BAB           II       PENUTUP..................................................................................................

                   II.I    Kesimpulan..................................................................................................
                   II.II   Saran............................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA














BAB I
ISI
JUMLAH ISMIYAH DAN MUBTADA’ KHABAR
I.I      Jumlah Ismiyak Dan Mubtada’ Khabar
A.    Pengertian Jumlah Ismiyah
Jumlah ismiyah adalah susunan kata yang dimulai atau diawali dengan kalimat isim.
Contoh:
                                                                                                             والارضالسموات نور الله
مُحَمد رالسو لله
                                                                                                 طلم والجهل نور العلم

      Jumlah ismiyah juga dinamakan dengan jumlah “Mubtada’ Khabar”.

B.     Pengertian Mubtada’ Khabar
      Mubtada’ adalah isim yamg marfu’ yang kosong atau bebas dari amil lafazh, yakni: yang merafa’kan mubtada’ itu bukan amil lafazh,  seperti fa’il atau naibul fa’il, melainkan oleh amil maknawi, yaitu oleh ibtida’ atau permulaan kalimat saja.
      Sedangkan khabar adalah isim marfu’ yang di musnad kan atau disandarkan kepada mubtada’, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada’ dan mubtada’ itulah yang merafa’kan khabar, seperti lafazh:    زَيْد  قَا ئَمٌ    (Zaid berdiri). Lafazh  زيد  menjadi mubtada’ yang dirafa’kan oleh ibtida’, dan tanda rafa’ nya dengan dhammah karena isim mufrad. Sedangkan lafaz   قا ئم   menjadi khabarnya yang dirafa’kan oleh mubtada’ , tanda rafa’nya dengan dhammahkarena isim mufrad.
        زيدان قائما ن (Dua Zaid itu berdiri). Lafazh  زيدان menjadi mubtada’ yang dirafa’kan oleh ibtida’, tanda rafa’nya dengan alif karena isim tatsniyah. Sedangkan lafazh        قائما ن  menjadi khabar yang dirafa’kan oleh mubtada’, tanda rafa’nya dengan alif karena isim tatsniyah.
      زيدون قا ئمون  (Zaid-Zaid itu berdiri). Lafazh         زيدون     mubtada’ dan  قا ئمون                
menjadi khabarnya, dirafa’kan dengan memakai wawu karena jamak mudzakkar salim.

1.      Pembagian Mubtada’
            Mubtada’ itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
Ø  Mubtada’ yang  Zhahir (seperti yang telah dijelaskan diatas)
Ø  Mubtad’ yang Mudhmar (dhamir):
            Mubtada’ yang mudhmar (isim dhamir) ada dua belas, yaitu:
·           انا      (saya)
·          نحن     (kami atau kita) 
·          انت      (kamu laki-laki)
·          انت      (kamu perempuan)
·          انتما    (kamu berdua laki-laki/perempuan)
·           انتم     (kalian laki-laki)
·          انتن     (kalian perempuan)
·          هو      (dia laki-laki)
·           هى     (dia perempuan)
·          هما     (mereka berdua laki-laki/perempuan)
·           هم      (mereka semua laki-laki)
·           هن     (mereka semua perempuan)

Seperti perkataan      انا قا ئم     (saya berdiri).
Adapun meng-I’rab-nya adalah sebagai berikut: انا (saya) berkedudukan menjadii mubtada’ yang dirafa’kan, tanda rafa’nya tanda rafa’nya mabni sukun. Sedangkan lafazh  قا ئم  menjadi khabarnya, dirafa’kan, tanda rafa’nya dengan dhammah.
            Dan lafazh yang menyerupai nya seperti:
                    ا نتم قا ئمون ,انتما قا ئمان , انتما قا ئما ن , انت قا ئمة , انت قا ئم , هما قا ئمتا ن , هما قائما ن ,                       هي قا ئمة , هو قا ئم , ا نتن قا ئما ت , هن قا ئما ت , هم قا ئمو ن
2.      Pembagian Khabar
            Khabar itu ada dua bagian, yaitu:
ü  Khabar Mufrad:
            Ialah khabar yang bukan berupa jumlah (kalimat) dan bukan pula menyerupai jumlah.
Contoh:  زيد  قا ئم   (Zaid berdiri), kedua-duanya isim mufrad. Dan juga termasuk khabar mufrad bila mubtada’ dan khabar itu terdiri dari isim tatsniyah dann jamak, seperti contoh dibawah:
  زيدون قا ئمون         = Zaid-Zaid itu berdiri
  زيدان قا ئما ن          =dua Zaid itu berdiri

ü  Khabar Ghair Murfad:
            Ialah khabar yang terdiri dari jumlah, seperti jumlah ismiyah (mubtada’ dan khabar lagi), atau jumlah fi’liyah (yaitu terdiri dari fi’il dan fa’il).
            Kabar ghair mufrad ada empat macam:
1.      Jar dan Majrur
Contoh:    را الد فى  زيد             (Zaid berada didalam rumah)
2.      Zharaf
Contoh:    ك عندزيد                   (Zaid berada disisimu)
3.      Fi’il beserta Fa’ilnya
Contoh:    ابوه م قا زيد               (Zaid, ayahnya telah berdiri)
4.      Mubtada’ beserta Khabarnya
Contoh:   ذاهبة زاريته زيد          (Zaid hamba perempuannya pergi)

Perlu diingatkan, bahwa khabar yang dibuat dari jumlah mubtada’ dan khabar, atau terdiri dari fi’il dan fa’il disebut khabar jumlah. Adapun khabar yang terdiri dari jumlah jar dan majrur atau zharaf disebut syibih (serupa) jumlah, karena jar-majrur dan zharaf itu bukan menjadi khabar yang sebenarnya, sebab yang menjadi khabar yang sebenarnya ialah muta’allaq-nya tersimpan atau tersembunyi, yang taqdirnya dapat atau boleh dengan isim mufrad, seperti:    ئن كا      atau dengan jumlah fi’il dan fa’il, seperti lafazh:    استقر    
Lafazh:    را الد فى  زيد  , pada hakikatnya: را الد فى ئنكا /ستقرا
                ك عند زيد         , pada hakikatnya:    ك عند  ئن كا/ستقرا
Oleh karna lafazh muta’allaq nya dapat ditaqdirkan (diperkirakan) isim mufrad dan ditaqdirkan fi’il madhi, maka disebutlah dengan syibih jumlah (serupa jumlah).



























BAB II

PENUTUP
II.I     KESIMPULAN
Kesimpulannya adalah bahwa yang disebut jumlah ismiyah itu di dahulukan isim (kata benda) dan Mubtada’ itu adalah terbagi 2 macam yaitu

Mubtada’ yang  Zhahir
Mubtad’ yang Mudhmar (dhamir)
Mubtada’ yang mudhmar (isim dhamir)


Khabar itu tebagi 2 (dua) Khabar itu ada dua bagian, yaitu:
Khabar Mufrad:
                    Ialah khabar yang bukan berupa jumlah (kalimat) dan bukan pula menyerupai jumlah.
Contoh:  زيد  قا ئم   (Zaid berdiri), kedua-duanya isim mufrad. Dan juga termasuk khabar mufrad bila mubtada’ dan khabar itu terdiri dari isim tatsniyah dann jamak, seperti contoh dibawah:
  زيدون قا ئمون         = Zaid-Zaid itu berdiri
  زيدان قا ئما ن          =dua Zaid itu berdiri

Khabar Ghair Murfad:
                    Ialah khabar yang terdiri dari jumlah, seperti jumlah ismiyah (mubtada’ dan khabar lagi), atau jumlah fi’liyah (yaitu terdiri dari fi’il dan fa’il).
            Kabar ghair mufrad ada empat macam:
Jar dan Majrur
Contoh:    راالد فى  زيد             (Zaid berada didalam rumah)
Zharaf
Contoh:    كعندزيد                   (Zaid berada disisimu)
Fi’il beserta Fa’ilnya
Contoh:    ابوه مقا زيد              (Zaid, ayahnya telah berdiri)
Mubtada’ beserta Khabarnya
Contoh:   ذاهبةزاريته زيد         (Zaid hamba perempuannya pergi)

II.II   SARAN
Kita sebagai mahasiswa/siswi stai auliurrasyidin  harus dapat memakami apa itu jumlah ismiyah dan mubtada’khabar.


DAFTAR PUSTAKA

-K.H.Moch.Anwar Dan H.Anwar Abu Bakar. Ilmu nahwu terjemahan matan al-ajurumiyyah dan imrity, cat.6 bandung .Sinar Baru Algensindo,1995.

-H.M.Husain Abdul Karim,Qawaa’idun Nahwu,Pustaka Al-islam maidan.

             

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Prasetyo Budi

AyangBeb Blogger Template | Premium Template, Harga murah meriah, Design modern dipadukan dengan Material design ala google dengan 7 macam warna berbeda